Friday, August 23, 2013


       Mungkin sebagian orang menganggap bahwa Departemen SDM atau Manajemen SDM selalu di benci. Untuk menghindari salah paham mengenai Departemen SDM, yuk kita bahas lebih lanjut.... :)

Sebelumnya pasti anda pernah mengalami pengalaman buruk dengan SDM. nih contohnya :

Andi ( Supervisor ) :

" Bagi mereka (orang-orang SDM), saya hanya angka atau Nomor Induk Karyawan. Kalau mereka tidak mengenal saya, apa mungkin mereka mengetahui kelebihan saya, impian saya, penderitaan saya. Bagaimana mereka akan mempertahankan saya ? saya tidak punya banyak pengharpan orang-orang SDM di perusahaan saya"

Bibim ( Manager ) :

" Mereka sok sibuk atau benar-benar sibuk sih ? kenapa setiap kali saya mau ketemu kok sellu diminta mendaftar jadwal dulu ? apa sih yang mereka lakukan ? ruangannya juga saya lihat tidak ramai. Kadang-kadang bahkan saya lihat mereka  membaca koran sambil bergurau. Kok bisa yaa sementara kami di keuangan di kejar-kejar laporan terus. "

Charlo ( Kepala Departemen ) :

" Saya rasa tugas mereka yang terpenting adalah melayani departemen tentang kebutuhan SDM, mulai dari merekrut karyawan. Tpi kenapa sulit sekali yaa ? Semua permintaan saya tentang karyawan kok lama sekali yaa ? "

Dian ( Staf Administrasi ) :

" Saya berpendapat bahwa SDM seharusnya lebih berpihak pada kawyawan dari pada perusahaan, apa sih yang di kerjakan atasan kami yang tidak saya atau teman-teman lain kerjakan ? Bukankah kami yang kerja ? Tapi kenyataannya, atasan lah yang lebih di perhatikn oleh orang SDM. Gimana tuh ? "

Mungkin anda salah satu diantara mereka tapi mari kita lanjutkan...

" Perbedaan yang menyolok ntara Departemen SDM dan departemen lain adalah bahwa di departemen lain, manusia menggunakan alat untuk mencapai tujuannya sedangkan di departemen SDM, manusia menggunakan manusia untuk mencapai tujuannya.

Posisi Unik SDM :


  1. SDM sebagai Jembatan
  2. SDM sebagai Pintu masuk
  3. SDM sebagai Penyaring
  4. SDM sebagai Polisi, Jaksa, dan Hakim
  5. SDM sebagai Sahabat karyawan
  6. SDM sebagai Gerbang Terakhir
     SDM memiliki posisi unik karena terus membarengi karyawan selm karier mereka di perusahaan. Karyawan bisa saja pindah atasan atau pindah departemen, namun selama mereka masih ada dalam perusahaan maka mereka akan terus berhubungan dengan SDM.

    SDM adalah Jembatan antara harapan karyawan dan kemakmurannnya di perusahaan itu. Pada saat karyawan ingin diterima, saat karyawan ingin mendaptkan kenaikan gaji, saat karyawan ingin mendapatkan surat referensi, saat karyawan ingin di kirim untuk training dan semua ingin-ingin yang lainnya. SDM lah yang akan bekerja agar karyawan bisa mendapatkan apa yang mereka harapkan / tidak.

    SDM juga merupakan jembatan antara persepsi karyawan dan fakta tentang dirinya. Ketika karyawan berhubungan dngan SDM, sat itu adalah saat yang tepat bagi karyawan untuk belajar tentang kinerja mereka relatif terhadap kinerja karyawan lain : Apakah kinerja mereka sudah oke, apakah ada yang bisa mereka tingkatkan, apakah mereka melakukan hal-hal yang mencegah kemajuan mereka sendiri.

Tidak ada departemen lain yang memiliki posisi seperti ini. Bila ada SDM yang tidak melakukan peran jembatan ini, mereka menyia-nyiakan kelebihan dahsyat dari departemen lain.



1 comment:

  1. sepertinya kalau tidak ada SDM,karyawan yang nol bisa masuk senenaknya tanpa bisa di saring :D

    ReplyDelete